Tuesday, January 4, 2011

Manfaat Gelang Power Balance Palsu

Australia meminta gelang Power Balance ditarik dari peredaran karena hologram gelang itu dinyatakan tidak terbukti membawa manfaat keseimbangan tubuh. Berdasarkan sudut pandang medis dan kesehatan, dasar ilmiah Power Balance memang diragukan.  
Gelang Power Balance yang dikenakan oleh para selebriti dan bintang olahraga yang diklaim bisa meningkatkan kinerja atletik dinyatakan palsu oleh Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC).
Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) telah memerintahkan Power Balance Australia untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen karena telah disesatkan manfaatnya
Gelang Power Balance ini disebut-sebut bisa memberikan keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas yang lebih baik bagi penggunanya dengan menggunakan medan energi alami yang berasal dari tubuh si pemakai.
Dari situs resminya www.powerbalance.com.au, Power Balance menggunakan sebuah hologram yang bisa beresonansi dan merespons medan energi alami di sekitar tubuh manusia. Nah, konsep medan energi inilah yang diragukan secara medis.  

Pada November 2010 panel kajian independen yang berhubungan dengan keluhan tentang pelanggaran kode iklan barang terapi menemukan adanya pelanggaran dalam website www.powerbalance.com.au, pihak Power Balance telah mengakui hal tersebut dan menghapusnya dari website.

Selain itu pada Oktober 2010 kelompok advokasi konsumen Choice juga menemukan gelang-gelang karet yang hanya diberikan hologram plastik. Setelah dilakukan uji laboratorium kontrol oleh CHOICE ditemukan bahwa konsumen hanya seperti membeli dompet kosong. Bunyi Iklan minta maaf Gelang Power Balance di media Australia pada 23 Desember 2010:     

 Dalam iklan-iklan kami menyatakan bahwa gelang Power Balance bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas Anda.

Kami mengakui bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kredibel yang mendukung klaim kami dan oleh karenanya kami terlibat dalam perbuatan yang menyesatkan dan melanggar pasal s52 dari Undang-Undang Praktik Perdagangan (Trade Practices Act) 1974.
 

2 comments:

  1. Bener gan, namanya aja orang bisnis, yang penting laku
    Thanks udah mampir di blog MakGenk

    ReplyDelete